Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Android saat ini sudah termasuk dalam kebutuhan primer bagi setiap masyarakat. Karena kita ketahui perangkat Android memiliki banyak manfaat sehingga banyak yang minati. Salah satu manfaatnya yaitu memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan, mencari informasi dan komunikasi, dan masih banyak lainnya.

Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Karena banyaknya manfaat pada smartphone Android, maka pastinya akan sering Anda gunakan sehingga itu akan mengakibatkan Android cepat panas. Nah, jelas akan berbahaya jika Anda selalu membiarkan hal itu terjadi yang bisa berakibat fatal (rusak) terhadap Android Anda. Nah oleh sebab itu, kesempatan kali ini saya memberikan beberapa tips mengatasi smartphone Android agar tidak cepat panas.

Cara Mengatasi Ponsel Android Agar Tidak Mudah Panas

1. Sering Periksa Baterai Android

Seringlah periksa baterai pada smartphone Android Anda, jika menggembung itu berarti sudah tak layak dipakai, maka segeralah ganti dengan baterai yang baru dan original. Hati-hati menggunakan baterai yang bukan original, karena baterai bajakan tidak akan bertahan lama.

2. Menutup Aplikasi yang Running/Berjalan

Banyaknya aplikasi yang berjalan atau aplikasi yang aktif bersamaan dapat mengakitbatkan smartphone Android cepat panas. Oleh karena itu, nonaktifkan aplikasi yang tidak sering Anda gunakan. Anda bisa menutup aplikasi berjalan melalui menu Setting > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Menjalankan. Pada menu tersebut, Anda akan melihat semua aplikasi yang sedang berjalan pada Hp Android Anda. Selanjutnya pilih aplikasi yang tidak penting, kemudian klik menu Paksa Berhenti, maka aplikasi Anda tidak akan berjalan atau aktif lagi. Dengan menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan maka dapat menghemat daya baterai ponsel Android Anda.

3. Mengurangi Penggunaan Android secara Terus Menerus

Pada saat Anda menggunakan Android, sebaiknya jangan menggunakannya secara terus-menerus. Misalnya bermain game berjam-jam, usahakan istirahatkan ponsel Android sekitar 15 menit, agar system tidak bekerja terus-menerus yang berakibat Hp Android menjadi panas. Ini sama saja diibaratkan oleh manusia, jika bekerja terus-menerus tanpa adanya istirahat, maka pasti akan timbul rasa capek.

4. Matikan Smartphone Saat Sinyal Tidak Stabil

Saat Anda berada pada tempat yang memiliki sinyal tidak stabil, sebaiknya nonaktif smartphone Anda atau melakukan mode pesawat. Sinyal yang tidak stabil dapat menimbulkan Android akan mencari terus-menerus jaringan yang sewaktu-waktu jaringan tersebut 4G berubah jadi 3G. Untuk mencegah Android Anda agar tidak mencari jaringan otomatis baca tips ini cara lock jaringan 4G, jadi jika memang lokasi tersebut tidak memiliki jaringan 4G, maka jaringan tidak akan berubah 3G melainkan tanda X.

5. Jauhkan Smartphone dari Sesuatu yang Panas
 
Menjauhkan smartphone Android Anda dari benda yang bersuhu yang panas. Misalnya didekat benda elektronik seperti komputer, atau diatas televisi. Hal itu dikarenakan benda elektronik tersebut memancarkan suhu panas yang dapat mengakibatkan smartphone Android menjadi panas.

Nah, mungkin itulah beberapa tips dalam mengatasi smartphone Android yang cepat panas. Semoga bermanfaat.
Share :