Ketahui! 5 Ciri Aplikasi Android yang Mengandung Malware

Baca Juga:
Semakin berkembang pesatnya pengguna smartphone Android, maka semakin berkembang juga system kejahatan yang mampu mengganggu bahkan merusak kinerja pada smartphone Anda. Contohnya malware, yang bisa mengakibatkan hal yang buruk bagi smartphone anda. Berikut ini ciri-ciri aplikasi Android yang mengandung malware.

5 Ciri Aplikasi Android yang Mengandung Malware

5 Ciri Aplikasi Android yang Mengandung Malware

1. Tidak ada di Google Play

Beberapa aplikasi terbaik untuk Android memang ada yang tidak masuk dalam list di Google Play karena tidak mematuhi ketentuan layanan Google Play, hai ini juga termasuk bahwa aplikasi tersebut mengandung malware yang dapat membahayakan smartphone Android Anda. Untuk itu, hati-hati mendownload aplikasi dari sumber lain.

2. Deskripsi Tidak Jelas

Saat Anda ingin menginstall sebuah aplikasi, perhatikan dengan teliti deskripsi nya. Developer atau pengembang aplikasi yang bertanggung jawab akan menjelaskan secara rinci tentang aplikasi buatannya agar pengguna tidak bingung dengan cara kerja aplikasi tersebut.

Selain itu, developer yang baik juga akan menyertakan kontak detail dibawah deskripsi aplikasinya. Ini berguna jika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi dari aplikasi yang Anda install.

3. Permintaan Akses yang Mencurigakan

Saat menginstall aplikasi, akan muncul permintaan akses ke fungsi-fungsi lain di smartphone. Seperti kamera, galeri, kontak, hingga lokasi. Jika menemukan permintaan akses yang tidak masuk akal, sebaiknya jangan lakukan penginstalan.

4. Jumlah Pengguna Aplikasi

Sebelum Anda melakukan unduhan, Perhatikan juga jumlah pengguna yang telah mendownload aplikasi tersebut. Semakin banyak penggunanya maka semakin baik juga keamanan aplikasi tersebut. namun, jika jumlah download-nya kurang, perlu Anda waspadai bahwa aplikasi tersebut mengandung malware yang membahayakan.

5. Meminta Akses Admin Secara Penuh

Beberapa aplikasi Android memang membutuhkan akses administrasi agar bisa digunakan dengan baik. Namun, tidak diberikan akses pun akan tetap bisa di gunakan, hanya ada batasnya. Nah, jika sebuah aplikasi memaksa harus minta akses Admin, perlu Anda curigai aplikasi tersebut. Apalagi aplikasi tersebut berasal dari sumber yang tidak dipercaya.

Itulah berbagai ciri-ciri aplikasi Android yang mengandung malware yang perlu Anda ketahui untuk menjaga kinerja smartphone Anda. Semoga bermanfaat.
Share :