Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Ponsel Android

RAM singkatan dari Random Access Memory adalah salah satu komponen yang penting untuk meningkatkan kinerja smartphone Android. Seperti halnya jika Android kita memiliki aplikasi atau game yang berkualitas grafis HD, tentunya membutuhkan RAM yang besar agar Android tidak menjadi lemot atau hang.

Menambah Kapasitas RAM Android

Nah, kali ini Admin akan membagikan tips untuk anda yang membutuhkan tambahan RAM pada ponsel Android yang sering lalod atau hang saat membuka aplikasi. Kita hanya membutuhkan sebuah aplikasi pendukung yang memang sengaja dirancang khusus untuk memperbesar ukuran RAM, aplikasi tersebut yaitu RAM Expander.

Cara Menambah RAM Android Menggunakan RAM Expander
  1. Pertama-tama kita memerlukan beberapa hal untuk menambah RAM, yaitu:
    • Kartu Memori MicroSD.
    • Android yang sudah di Root.
    • ROM Wajib Mendukung Kernels Swap.
    • Aplikasi RAM Expander.
  2. Selanjutnya yaitu Install Aplikasi RAM Expander yang telah di download.
  3. Kemudian buka aplikasinya, dan Pilih Memory MicroSD direktori yang akan menjadi RAM tambahan.
  4. Selanjutnya anda akan menentukan berapa besar ukuran dalam satuan MB untuk menambah RAM Android anda. Jika anda mengisi dengan nilai 700 maka nilai memori anda menjadi 700 + RAM awal Android (1024 MB), berarti total RAM anda akan menjadi 1724 MB. Jadi, anda perlu mengosongkan ruang pada Kartu Memori MicroSD Anda yang akan di jadikan tambahan RAM.
  5. Nah, selanjutnya kita lihat swappines dan isilah yang cocok berdasarkan smartphone anda, mulai dari angka 0 - 100.
  6. Jika swappines dan size MB sudah terisi, maka selanjutnya anda tekan Swap Active. Lalu tunggu beberapa menit proses berlangsung.
  7. Apabila proses sudah selesai maka akan muncul sebuah data di layar dan selanjutnya anda centang Auto Run agar proses ini bisa berjalan otomatis.

Itulah cara menambah kapasitas RAM ponsel Android menggunakan Aplikasi RAM Expander untuk meningkatkan kinerja pada perangkat Android. Semoga Bermanfaat.
Share :