5 Cara Mengatasi Bluetooth Android Tidak Dapat Mengirim File

Bluetooth merupakan salah satu fitur atau aplikasi yang berguna untuk mengirim beragam file, mulai dari file video, musik, foto, dokumen, dan banyak lagi jenis lainnya. Sampai saat ini, bluetooth masih sering digunakan sebagai aplikasi berbagi file jarak dekat oleh para pengguna smartphone Android. Namun, terkadang terdapat masalah yang dialami oleh pengguna smartphone Android saat menggunakan aplikasi bluetooth. Masalah tersebut biasanya seperti tidak dapat mengirim file, bluetooth error hingga force stop.

Cara Mengatasi Bluetooth Android tidak Dapa Mengirim File

Sebenarnya, terdapat beberapa hal yang menyebabkan bluetooth error atau tidak dapat mengirim file pada Android.  Umumnya, hal ini terjadi karena cache file dan root sehingga membuat beberapa aplikasi menjadi tidak berfungsi, berhenti tiba-tiba dan tidak dapat dibuka atau error.

Nah, untuk solusi mengatasi bluetooth yang tidak dapat mengirim file pada Android, berikut kami bagikan tips-tipsnya.

Tips Mengatasi Bluetooth Tidak Dapat Mengirim File Pada Android

1. Bersihkan Cache

Membersihkan cache memory merupakan solusi pertama dalam mengatasi bluetooth yang tidak dapat mengirim file pada smartphone Android. Salah satu cara termudah dan cepat adalah dengan menggunakan aplikasi cleaner, seperti Clean Master untuk menghapus semua cache memori smartphone Android.

Pertama yang perlu Anda lakukan ialah membuka menu Pengaturan. Setelah itu, silahkan pilih Setelan Tambahan, kemudian klik Manajemen Aplikasi. Selanjutnya cari Berbagi Melalui Bluetooth, lalu tap Hapus Cache.

2. Menghapus Data Aplikasi

Cara yang tergolong cukup ampuh untuk mengatasi masalah bluetooth yang error adalah dengan menghapus atau menghentikan data aplikasi. Menghapus data aplikasi bertujuan untuk membersihkan file serta data aplikasi yang bersifat sementara, misalnya cache, history dan basis data.

Langkah pertama untuk menghapus data aplikasi adalah dengan masuk pada menu Pengaturan. Kemudian tekan Setelan Tambahan, lalu klik Manajemen Aplikasi dan pilih Semua. Langkah berikutnya, silahkan Anda cari Berbagi Melalui Bluetooth, setelah itu klik Paksa Berhenti serta Hapus Data.

3. Matikan Smartphone Android

Mematikan smartphone Android juga termasuk dalam solusi memperbaiki bluetooth yang tidak dapat mengirim file. Setelah Anda mematikan smartphone Android, kemudian cabut sim card, SD card atau micro SD serta baterai.

Agar daya tidak dapat masuk ke dalam smartphone, maka Anda harus mendiamkan Android selama beberapa saat. Selanjutnya, silahkan pasang serta nyalakan kembali Android Anda. Semoga cara ini dapat mengatasi masalah bluetooth error pada smartphone Android Anda. 

4. Unroot Smartphone Android

Apabila Anda pernah melakukan rooting sebelumnya, dan semenjak saat itu, aplikasi bluetooth Anda mengalami error atau tidak dapat mengirim file, maka silahkan lakukan Unroot pada Android Anda.

Tak jarang Anda dapat mengontrol semua aplikasi dengan melakukan root. Namun, terkadang melakukan root justru akan membuat aplikasi menjadi error atau tidak berfungsi selayaknya. 

5. Lakukan Factory Reset

Apabila Anda telah mencoba ke empat cara di atas, namun tak membuahkan hasil, maka jalan terakhir yang harus Anda tempuh adalah dengan melakukan Factory Reset.

Namun, sebelumnya pahami betul jika melakukan factory reset akan mengakibatkan semua data serta aplikasi pada memori internal smartphone Android Anda akan hilang. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan backup data terlebih dahulu. Anda dapat memindahkan data-data terebut pada komputer atau memori eksternal.

Setelah itu, Anda bisa melakukan factory reset dengan cara masuk ke menu Pengaturan. Langkah berikutnya pilih Setelan Tambahan dan tekan Buat Cadangan dan Reset. Selanjutnya silahkan tap Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi yang Dapat Di Bongkar.

Nah, itulah beberapa solusi mengatasi bluetooth yang tidak dapat mengirim file pada Android. Semoga ulasan ini bermanfaat!
Share :