5 Masalah Smartphone Baterai Non-Removable dan Solusinya

Baca Juga:
Sekarang ini, smartphone hadir dalam jenis yang semakin beragam. Vendor-vendor smartphone berlomba-lomba menciptakan perangkat yang tak hanya memiliki spesifikasi unggulan tetapi juga memiliki tampilan fisik yang elegan dan tipis agar semakin menarik.

Smartphone Baterai Non-Removable

Salah satu cara untuk menyiasati tampilan yang semakin menarik adalah dengan membenamkan support baterai non-removable agar dimensi smartphone tak terlalu tebal dan berat. Namun, dibalik keunggulannya ternyata smartphone dengan non-removable battery juga mengalami beberapa masalah. Apa saja masalah yang sering terjadi pada smartphone baterai non-removable? Dan bagaimana mengatasinya? Berikut jawabannya.

Masalah Smartphone Baterai Non-Removable Beserta Solusinya

1. Sulit Mengganti Baterai


Masalah yang muncul saat smartphone Anda sudah digunakan dalam waktu yang terbilang lama adalah kekuatan daya baterai yang semakin melemah. Padahal, baterai yang kekuatan dayanya lemah sebaiknya diganti dengan baterai yang baru.

Akan tetapi, penggantian baterai tidak dapat dilakukan pada smartphone dengan baterai yang tertanam secara mudah dan sembarangan. Jika baterai smartphone Anda mengalami masalah dan ingin menggantinya, kunjungi service center resmi smartphone Anda agar ditangani oleh ahlinya. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang semakin parah. Tentunya, Anda perlu menyiapkan budget khusus untuk membeli baterai baru dan jasa service.

2. Waktu Bermain Game Harus Dibatasi

Sebagai seorang pecinta game, tentunya Anda sangat menikmati saat-saat bermain game. Akan tetapi, dengan smartphone yang berbekal baterai tanam tentunya Anda harus membatasi waktu bermain game. Memainkan game sepanjang waktu dapat berisiko kerusakan baterai.

Untuk itu, sebaiknya batasi waktu bermain game Anda menggunakan smartphone baterai non-removable. Sebaliknya, Anda dapat beralih ke PC/laptop jika ingin bermain game berat yang membutuhkan daya baterai tinggi.

3. Sulit Menangani Smartphone Saat Hang

Pernahkah smartphone Anda mengalami hang? Solusi paling mudah dan cepat untuk mengatasinya adalah dengan melepas baterai. Sayangnya, hal ini tak dapat Anda lakukan pada smartphone baterai non-removable.

Anda harus bersabar menunggu sampai smartphone dapat bekerja secara normal kembali. Anda juga bisa mencoba melakukan restart dengan menekan tombol power, namun cara ini agak sulit dilakukan saat handphone hang meski sudah dicoba berkali-kali.

4. Budget Penggantian Baterai yang Besar


Anda tak pernah tau kapan smartphone Anda akan mengalami masalah. Jika terjadi masalah pada baterai seperti baterai drop atau cepat habis serta kerusakan lainnya yang mengharuskan Anda untuk mengganti baterai tersebut, maka Anda tak punya pilihan lain selain menggantinya.

Sementara itu, baterai yang tertanam tidak bisa begitu saja dicabut seperti pada smartphone dengan baterai yang removable. Maka, Anda tak bisa membongkarnya sendiri jika tidak benar-benar ahli. Alih-alih memperbaiki kerusakan, membongkar baterai sendiri justru dapat memperparah kerusakan.

Maka dari itu, mau tak mau Anda harus membawanya ke service center supaya smartphone Anda dapat ditangani oleh teknisi yang sudah ahli. Hal ini berarti Anda perlu menyisihkan budget khusus untuk membayar jasa service. Belum lagi Anda juga perlu membeli baterai baru yang harganya terbilang mahal. Untuk itu, sebaiknya menggunakan smartphone secara bijak.

5. Cepat Rusak Jika Terkena Air

Ponsel yang terkena air biasanya dapat diatasi dengan membongkar komponen ponsel lalu menjemurnya. Tetapi, hal ini tak dapat diterapan pada smartphone dengan baterai tertanam. Tidak jadi masalah jika smartphone Anda anti air. Namun, jika tidak anti air tentunya akan menjadi masalah serius.

Untuk menghindari kerusakan, gunakan smartphone Anda dengan bijak dan hati-hati. Semoga bermanfaat.
Share :