Cara Mengatasi HP Android tidak Bisa Recovery Mode

Baca Juga:
Pada dasarnya setiap smartphone Android pasti memiliki mode recovery, bahkan ponsel keluaran China pun juga memiliki fitur tersebut. Namun, hanya saja fitur tersebut tersembunyi dalam menu pengaturan.

Android tidak Bisa Recovery Mode

Recovery mode termasuk hal yang wajib dimiliki Android, karena fitur inilah yang digunakan untuk melakukan reset ulang ponsel Android ke setelan pabrik. Pada umumnya, dengan menekan tombol volume bawah atau atas + tombol power maka ponsel Android langsung akan mengarah ke fitur recovery mode. Namun, bagaimana jika cara diatas tidak bisa? Tenang saja, untuk itulah kesempatan kali ini saya membahas mengenai cara mengatasi Android yang tak bisa recovery mode.

Cara Mengatasi HP Android tidak Bisa Masuk ke Menu Recovery Mode

1. Jangan Menekan Tombol Secara Bersamaan

Biasanya setiap orang yang gagal untuk masuk ke Recovery Mode itu karena menekan tombol secara bersamaan, padahal itu adalah hal yang keliru. sebenarnya Anda terlebih dahulu menekan tombol power dan tahan kemudian lanjutkan dengan menekan tombol volume tanpa melepas tombol power.

2. Masuk Melalui Terminal

Jika ponsel anda sudah diroot, Anda bisa mencoba masuk ke menu recovery mode dengan cara mengetikkan "su" lalu enter dan ketik lagi reboot recovery lalu enter. Maka Anda akan di arahkan ke menu recovery mode. Cara ini sangat aman untuk anda lakukan.

3. Hanya Menampilkan Bahasa Cina

Tenang saja, jika Anda masuk ke menu recovery mode lalu Anda melihat tampilan yang berbahasa China, Anda tidak perlu panik. Karena hal ini hanya tampil untuk perangkat Android buatan China, dan Anda dapat mengubah dengan recovery mode yang baru supaya tidak bingung dengan bahasa yang ada.

4. Mereset Ponsel Melalui Setelan Pabrik

Ini merupakan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah ponsel Android yang Anda miliki bisa masuk mode recovery yang tersembunyi atau tidak. Jika Anda bisa melakukan reset melalui pengaturan pabrik, berarti ponsel Anda menyembunyikan sistem recovery mode dan harus diganti yang baru.

5. Mengganti CWM atau TWRP

Cara ini terbilang cukup beresiko jika memasang berkas yang tidak kompatibel dengan ponsel Anda. Jadi salah satu hal yang harus Anda lakukan sebelum menerapkan cara ini adalah bertanya-tanya dulu kepada orang yang mengerti dan paham mengenai CWM dan TWRP ini yang menjadi sebagai pengganti recovery.

Mungkin itu saja beberapa cara mengatasi smartphone Android yang tak bisa masuk ke recovery mode yang mungkin diakibatkan karena ada kesalahan memasang CWM dari tipe ponsel yang berbeda. Semoga bermanfaat.
Share :