Cara Mengatasi Aplikasi yang Keluar Sendiri pada HP Xiaomi

Baca Juga:
Bagi para pengguna aplikasi Xiaomi barangkali pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan pada saat membuka aplikasi. Seperti misalnya aplikasi yang force close. Atau muncul jendela pop up “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” pada layar hp Anda.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Keluar Sendiri pada HP Xiaomi

Aplikasi di Hp Android Sering Berhenti Tiba-Tiba

Sebenarnya permasalahan aplikasi yang berhenti paksa atau tiba-tiba crash tidak hanya dialami oleh hp Xiaomi saja melainkan juga hp Android merek lainnya. Hal ini sering terjadi biasanya adalah karena Anda terlalu banyak membuka aplikasi (multitasking) yang mana hal ini tentu saja sangat banyak memakan RAM.

Cara Termudah: Mengunci Aplikasi

Ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan yang sedemikian rupa. Namun bagi Anda pengguna hp Xiaomi, Anda bisa mencoba cara termudah yakni dengan mengunci aplikasi:
  • Buka salah satu aplikasi, misalkan Whatsapp.
  • Tekan tombol home (tengah), lalu tekan tombol sebelah kirinya yang menunjukkan aplikasi yang tengah berjalan.
  • Seret aplikasi Whatsapp ke bawah, hingga muncul ikon gembok. Klik ikon tersebut.
  • Dengan demikian, aplikasi Whatsapp tetap berjalan di belakang layar, tidak mudah keluar dengan sendirinya.

Cara Lain untuk Mengatasi Aplikasi Force Close pada Hp Xiaomi

Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi permasalahan aplikasi yang tiba-tiba berhenti. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, force close atau crash pada aplikasi bisa terjadi akibat kinerja RAM yang terlalu banyak. Oleh karena itu ada beberapa cara lain untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Restart Hp Anda

Ada kemungkinan jika sistem pada Xiaomi Anda bermasalah. Cara paling mudah untuk me-refresh sistem adalah dengan melakukan restart atau reboot hp Anda. Setelah itu, barulah coba kembali buka aplikasi yang Anda inginkan.

2. Update Aplikasi

Aplikasi yang force close atau crash juga dapat terjadi akibat kegagalan sistem aplikasi itu sendiri karena versi yang sudah terlalu lama. Sehingga Anda bisa menyiasatinya dengan cara mengupate aplikasi. Buka laman Playstore, lalu pilih menu “update” atau “pembaharuan”.

3. Lakukan Clear Cache

Cache atau sampah yang menumpuk di aplikasi bisa jadi penyebab terjadinya aplikasi yang tiba-tiba berhenti. Jika demikian, maka Anda bisa melakukan ‘clear cache’ pada menu pengaturan/setting > manajer aplikasi > lalu pilih salah satu aplikasi lalu klik ‘clear cache’. Selain dengan cara manual seperti ini, Anda juga bisa melakukan clear cache dengan mengunduh aplikasi cache cleaner di Play Store.

4. Hapus Data Aplikasi

Jika Anda tidak mau repot-repot melakukan clear cache yang belum tentu juga berhasil mengatasi permasalahan aplikasi yang menutup sendiri, maka Anda bisa melakukan cara lain yakni ‘hapus data’ atau ‘clear data’ pada aplikasi yang dituju. Tapi pastikan jika aplikasi tersebut ialah aplikasi media sosial, Anda benar-benar ingat data akun Anda sendiri seperti email, nomor hp dan password.

5. Re-install Aplikasi

Selain dengan melakukan ‘clear data’, cara lainnya adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi kemudian mengunduh dan menginstall ulang aplikasi tersebut. Cara ini hampir sama dengan cara nomor 2, hanya saja tentu memakan waktu yang lebih lama.

Jika cara-cara di atas sudah Anda terapkan tetapi tidak memberikan hasil yang memuaskan, coba periksa pembaharuan sistem atau MIUI pada hp Xiaomi Anda dan lakukan pembaharuan atau hindari pemasangan aplikasi yang dirasa kurang penting pada hp Anda, terutama jika RAM hp Xiaomi Anda relatif kecil.
Share :