6 Cara Mengatasi Getar Android Hilang tidak Berfungsi

Getar yang hilang dan tidak berfungsi bisa diatasi dengan beberapa tips berikut ini. Kita ketahui getar yang terdapat pada smartphone Android sangat berguna dalam beberapa hal seperti getar saat ada telepon masuk,  getar saat ada sms masuk, atau bergetar saat sedang mengetik di keyboard ataupun saat sedang bermain game.
 
Cara Mengatasi Getar Android Hilang tidak Berfungsi
 
Nah, sudah jelas getar Android juga sangat penting apalagi saat Anda sedang menyimpan Hp di kantong celana, nah dengan adanya getar maka Anda bisa mengetahui bahwa ada telepon atau pesan yang masuk,  karena kalau cuma nada dering saja itu biasanya kita tidak dengar. Untuk itu jika Anda mengalami getar smartphone Android hilang atau tidak berfungsi maka langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Terjadinya Getar tidak Berfungsi

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasinya,  jelas terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebab terjadinya getar Android tidak berfungsi,  karena bagaimana kita akan mengatasinya jika tidak tahu penyebabnya. Nah, Biasanya penyebab terjadinya getar tidak berfungsi itu disebabkan karena Anda sudah melakukan root atau mengganti ROM bawaan dengan custom ROM. Selain itu, penyebabnya bisa juga karena adanya kerusakan pada sistem operasi atau hardware smartphone Android Anda.

Cara Mengatasi Getar Android yang Hilang

1. Test Getar Android Melalui Kode Rahasia

Untuk mengetahui penyebab kenapa fungsi getar Android hilang,  Anda bisa mengeceknya melalui kode rahasia *#7353# kemudian akan muncul pilihan vibrate, tekan tombol tersebut hingga aktif dan muncul berwarna biru, maka smartphone Anda akan bergetar. Kode ini berfungsi untuk merk Samsung Android, dan jika Anda telah coba kode tersebut namun tidak berfungsi, Anda bisa mencari kode rahasia khusus merk Android yang Anda gunakan di google.

2. Periksa Pengaturan Fitur Getar Android

Biasanya orang-orang mengira bahwa getar Android mereka rusak dan tidak berfungsi, padahal mereka belum memastikan apakah pengaturan fitur getar mereka benar-benar aktif. Nah, untuk itu pastikan terlebih dahulu fitur getar Anda sudah aktif.

Untuk mengaktifkan fitur getar bisa masuk ke menu Pengaturan -> Suara dan getaran -> Getar saat berdering.

3. Bersihkan File Cache Android

Setelah Anda mencoba kedua cara diatas namun masih tetap belum berfungsi, maka selanjutnya Anda coba membersihkan file cache yang menumpuk pada Android Anda. Hal itu juga bisa menjadi penyebab terjadinya fungsi getar tidak berfungsi.

Untuk membersihkan cache Android Anda bisa menggunakan aplikasi cleaner seperti, Clean Master, CC cleaner atau semacamnya.

4. Matikan Hp Android dan Lepas Komponen Lainnya

Salah satu cara mengatasi fungsi getar ponsel Android hilang atau tidak berfungsi yaitu dengan cara nonaktifkan ponsel Android, lalu melepaskan komponen-komponen lainnya seperti memori microSD, SIM card, atau baterai (jika bukan baterai tanam). Kemudian tunggu beberapa menit, lalu pasang dan hidupkan Hp Android Anda kembali.

Hal ini bertujuan agar menyegarkan sistem untuk memulai ulang proses sehingga fungsi yang tidak berfungsi akan menjadi berfungsi kembali.

5. Lakukan Factory Reset

Jika semua hal diatas sudah Anda lakukan,  namun masih tetap saja tidak berfungsi, maka tindakan Anda selanjutnya adalah melakukan factory reset yaitu reset ulang ponsel Android ke pengaturan pabrik. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan pengaturan/setelan ke semula seperti saat Anda baru membeli smartphone Android tersebut.

6. Perbaiki di Tempat Service Center

Jika hal di atas telah Anda lakukan, namun getar pada Android masih tetao tidak berfungsi, berarti penyebabnya bukan pada settingan atau software Android Anda, melainkan penyebabnya ada pada hardware fungsi getar itu sendiri. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut jelas Anda harus membawa Androdi Anda ke tempat service center terdekat, usahakan tempat service center tersebut benar-benar tempat service yang sesuai dengan merk smartphone Android Anda.

Nah, mungkin itulah 6 cara mengatasi getar Android hilang atau tidak berfungsi. Semoga bermanfaat.
Share :