Cara Mengatasi Ghost Touch / Layar HP Android Bergerak Sendiri

Sebagai pengguna smartphone touchscreen, mungkin di antara Anda pernah mengalami ghost touch atau istilah untuk layar yang bergerak sendiri atau geraknya tidak sesuai dengan sentuhan jari Anda (loncat-loncat). Jangan panik, sebab kami punya solusinya.

Mengatasi Layar Android Mengalami Ghost Touch

Apa Itu Ghost Touch ?

Smartphone yang layarnya bergerak atau beroperasi dengan sendirinya disebut dengan ghost touch. Biasanya hal ini dibarengi juga dengan berkurangnya responsivitas layar sentuh hp Anda. Jika Anda mengalaminya, perlu diketahui bahwa permasalahan ini bukan pada software hp Anda melainkan pada hardware-nya. Meski demikian, jangan langsung menganggap bahwa hp Anda rusak. Sebab ada beberapa hal yang menyebabkan ghost touch terjadi.

Cara Mengatasi Ghost Touch Atau Layar Sentuh Yang Bergerak Sendiri

Tidak selamanya permasalahan ghost touch terjadi karena adanya kerusakan pada hp Anda. Berikut ini adalah beberapa solusi untuk mengatasi ghost touch:

1. Bersihkan Touchscreen

Bisa jadi ghost touch muncul karena adanya air atau kotoran yang berada di bawah pelindung layar atau malah langsung pada layar hp Anda. Jika Anda menggunakan pelindung layar, lepaskan lalu bersihkan layar dengan seksama dengan kain yang lembut. Ganti pelindung layar yang baru.

2. Ada Indikasi Kerusakan Pada Charger

Jika ghost touch terjadi pada saat Anda sedang men-charge hp Anda, maka bisa jadi ada indikasi kerusakan pada charger yang sedang Anda gunakan, atau charger yang Anda gunakan tidak kompatibel dengan hp Anda. Jika demikian terjadi, coba ganti dengan charger lain apakah masih terjadi ghost touch atau tidak. Usahakan agar selalu menggunakan charger yang original atau bawaan dari hp Anda.

3. Baterai Rusak atau Sudah Hampir Habis

Ghost touch juga dapat terjadi pada saat hp dalam keadaan low-batt. Segera lakukan pengisian baterai, bila perlu matikan hp Anda atau masuk ke mode pesawat pada saat charging. Jika masih terjadi ghost touch, periksa baterai hp Anda. Barangkali baterai hp Anda sudah mulai menggembung atau rusak. Segera ganti baterai yang baru.

4. Touchscreen Panas

Kondisi touchscreen yang panas juga bisa menimbulkan adanya ghost touch, jadi hentikan pemakaian hp sejenak. Bila perlu, nonaktifkan hp Anda untuk sementara waktu kemudian hidupkan kembali dan biarkan dalam keadaan standby untuk beberapa saat.

5. Atur Ulang Setting Kalibrasi Touchscreen

Masuk ke menu “display settings” (lokasi menu ini masing-masing hp tentu berbeda), kemudian pilih menu kalibrasi kemudian reset atau atur ulang. Alternatif lain adalah dengan mengunduh aplikasi di Playstore bernama “Kalibrasi Layar Sentuh”, dalam aplikasi tersebut akan nampak nilai akurasi dan kalibrasi layar. Akan tetapi, aplikasi ini baru bisa dapat berfungsi dengan baik jika Anda sudah melakukan root pada hp Anda.

6. Lakukan Factory Reset

Factory reset atau kembali ke pengaturan awal (pabrik) juga bisa jadi salah satu cara termudah untuk mengatasi ghost touch. Akan tetapi perlu dicatat bahwa dengan melakukan factory reset ini berarti bahwa Anda akan kehilangan semua file atau data yang ada pada penyimpanan internal hp Anda, termasuk semua aplikasi dan pengaturan, jadi pastikan Anda sudah melakukan backup files terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Itulah tadi 6 cara mengatasi ghost touch atau layar smartphone yang bergerak sendiri. Jika Anda telah melakukan keenam cara tersebut namun masih tidak membuahkan hasil dan hp Anda masih ghost touch, segera bawa ke tukang service hp sebelum kerusakan jadi lebih parah. Semoga bermanfaat.
Share :