Cara Mengatasi Google Play tidak Bisa Dibuka di Android

Baca Juga:
Google Play Store merupakan Aplikasi yang penting bagi setiap pengguna Android sebagai layanan download aplikasi atau game secara gratis. Setiap orang yang baru membeli ponsel Android pasti didalamnya sudah memiliki aplikasi Google Play Store, karena aplikasi ini telah menjadi aplikasi wajib yang ada di Android.

Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android

Namun banyak dari para pengguna yang mengalami masalah pada Google Play Store yaitu aplikasi tidak bisa terbuka, force close, atau ada pesan error. Nah, lalu jika masalah tersebut tidak teratasi bagaimana kita bisa men-download aplikasi atau game karena sumber download itu cuma ada di Play Store? Untuk itu, tenang saja karena pada artikel ini Admin akan membahas tuntas mengenai cara mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di Android.

Cara Mengatasi Google Play tidak bisa Dibuka

Banyak hal yang menyebabkan sehingga aplikasi Google Play Store di ponsel Android Anda tidak bisa dibuka, seperti  tanggal dan waktu tidak sesuai, penumpukan file data dan cache, koneksi internet lemah, penggunaan RAM Android penuh.

1. Tanggal dan Waktu tidak Sesuai

Salah satu hal yang menyebabkan aplikasi Google Play Store tidak bisa terbuka adalah karena pengaturan tanggal dan waktu pada ponsel Android Anda tidak sesuai dengan waktunya. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu jam dan tanggal sudah benar dengan menggunakan metode otomatis.

Caranya mengatur tanggal dan waktu yaitu masuk ke Setelan > Tanggal & Waktu > Ubah pengaturan menjadi deteksi waktu otomatis, sehingga tanggal & waktu pada ponsel Anda disesuaikan dengan waktu pada server.

2. Bersihkan Data dan Cache Google Play

Penyebab yang sering terjadi juga sehingga Aplikasi Google Play tidak bisa dibuka adalah karena data dan cache yang ada di aplikasi Google Play tidak bekerja dengan baik atau data aplikasi tidak lengkap sehingga menyebabkan aplikasi Google Play force close dan tiba-tiba berhenti. Nah cara mengatasi hal tersebut adalah dengan membersihkan semua data dan cache yang ada di aplikasi Google Play.

Caranya yaitu masuk ke Setelan > Aplikasi > Cari aplikasi Google Play > Klik tombol paksa berhenti > Lalu klik tombol hapus data dan hapus cache yang berada dibagian bawah.

3. Restart Ulang Smartphone Android

Salah satu cara yang untuk mengatasi permasalahan yang terjadi seperti aplikasi Google Play tidak bisa dibuka adalah dengan cukup melakukan restart pada smartphone Android saja. Banyak juga para pengguna Android mengatasi masalahnya dengan cara ini.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba cara ini karena tidak ada ruginya dan sangat mudah kok melakukan restart ponsel Android.

4. Koneksi  Internet yang Lemah

Koneksi Internet yang lemah termasuk hal yang menyebabkan aplikasi Google Play tidak bisa dibuka. Bukan hanya itu, aplikasi lain pun tidak bisa terbuka jika koneksi internet ponsel Android Anda lemah seperti LINE, WhatsApp, BBM. Hal itu terjadi mungkin karena lokasi tempat Anda berada memiliki kualitas jaringan internet yang buruk.

Jadi, sebelum Anda membuka aplikasi Google Play, terlebih dahulu perhatikan koneksi internet pada ponsel Android Anda.

5. Factory Reset Ponsel Android

Jika semua cara diatas sudah dilakukan, tapi aplikasi Google Play tetap masih tidak bisa dibuka, maka cara terakhir yang harus Anda ambil yaitu melakukan factory reset ponsel Android.

Nah, jika Anda sudah siap untuk melakukan factory reset, terlebih dahulu Anda harus mematikan ponsel Android anda. Kemudian tekan tombol volume + home + power secara bersamaan hingga muncul menu recovery mode. Gunakan tombol volume untuk memilih menu factory reset. Kemudian tekan tombol home untuk memulai proses reset. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, kemudian pilih reboot system now untuk menyalakan kembali.

Itulah, beberapa cara mengatasi aplikasi Google Play Store tidak bisa dibuka di Android. Lakukan cara diatas secara bertahap agar Anda bisa ketahui secara pasti penyebab mengenai masalah tersebut. Semoga Bermanfaat.
Share :