Cara Mengatasi Masalah Notifikasi LINE tidak Bunyi & Muncul

Ada sejumlah masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna LINE di Android, salah satunya yang kerap terjadi adalah notifikasi yang tidak muncul atau tidak bunyi. Jika kondisi ini terjadi, memaksa kita harus membuka terlebih dahulu aplikasi LINE, baru semua pesan bisa masuk dan terbaca. Hal ini tentu saja cukup mengesalkan bukan? Karena siapa tahu ada chat/pesan, telepon atau video call yang saat itu sedang penting.

Cara Mengatasi Masalah Pada Notifikasi LINE dengan Mudah

Atau ada kalanya, notifikasi baru berbunyi atau muncul setelah berjam-jam kemudian. Hal ini tentu sama-sama menjengkelkan dan tidak cukup membantu, jika kebetulan pesan yang masuk adalah pesan penting.

Lantas, jika hal ini terjadi apa yang harus kita lakukan? Adakah solusi mudah mengatasinya, tanpa perlu membawanya ke tukang servis?

Cara Mengatasi Masalah Pada Notif LINE

Perlu diketahui, permasalahan pada notif LINE bisa terjadi pada hp Android mana saja. Tapi penanganannya tentu bisa jadi berbeda-beda. Permasalahan notifikasi ini, terlebih kerap melanda pemilik hp dengan RAM di bawah 1 GB. Nah, mengenai solusinya, berikut telah kami rangkum beberapa cara mudah yang bisa anda coba.

1. Nyalakan Opsi “Pemberitahuan”

Sebelum melakukan pengecekan lebih lanjut, coba periksa kembali pada bagian “Pemberitahuan” di aplikasi LINE Anda. Pastikan Anda sudah memberi tanda checklist pada opsi tersebut. Opsi “Pemberitahuan” ini juga terdapat pada pengaturan > manajer aplikasi.

2. Pastikan Hp Anda Dalam Mode Dering


Untuk yang satu ini tentu semuanya sudah paham. Namun terkadang ada juga orang yang tidak menyadari jika hpnya dalam keadaan ‘diam’ atau ‘getar’ sehingga saat ada notifikasi LINE, otomatis tidak akan berbunyi. Jadi periksa kembali dan pastikan hp Anda berada dalam mode “dering”. Pastikan juga setting volume-nya sudah benar-benar full atau sesuai kenyamanan Anda.

3. Lakukan Clear Cache

Memori internal ini banyak memuat ‘sampah-sampah’ sisa dari aplikasi yang yang telah dibuka. Sampah-sampah aplikasi tersebut antara lain cache, history, temporary dan masih banyak lagi. Gunakan aplikasi pembersih cache yang bisa Anda unduh di Play Store atau bisa juga dengan membuka menu pengaturan/setting > manajer aplikasi > aplikasi LINE > hapus cache/clear cache.

4. Paksa Berhenti atau Lakukan Hapus Data

Cara ini memang agak riskan karena selain membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memulihkan kembali, data-data penting pada aplikasi LINE seperti foto, video hingga chat akan terhapus. Namun cara ini sangat ampun mengatasi permasalahan pada notifikasi LINE. Jadi sebelum Anda melakukan ‘paksa berhenti/force stop” maupun “hapus data/clear data”, pastikan lebih dulu melakukan backup file-file yang penting.

5. Lakukan Update Aplikasi


Cara termudah lainnya yang bisa Anda terapkan saat aplikasi LINE Anda bermasalah adalah dengan mengecek laman Play Store lalu memastikan bahwa LINE Anda sudah dalam versi terbaru namun jika belum, maka sebaiknya segera diupdate saja aplikasi LINE Anda.

6. Reboot Hp Anda

Jika kelima cara di atas sudah Anda lakukan dan tidak membuahkan hasil yang maksimal maka alternatif terakhir adalah dengan me-reboot hp Anda. Tujuannya adalah agar menyegarkan kembali sistem maupun aplikasi yang semakin sering dibuka maka akan semakin memberatkan hp Android Anda.

Agar aktivitas dengan menggunakan LINE maupun aplikasi serupa lainnya tetap lancar, pastikan bahwa Anda selalu menggunakan aplikasi pembersih cache dan sebagainya untuk membantu mengoptimalkan hp Android Anda. Nah, itu dia informasi mengenai cara mengatasi masalah pada notifikasi LINE. Semoga bermanfaat!
Share :