3 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka

Baca Juga:
Telegram adalah sebuah aplikasi messaging yang cukup simpel, cepat dan ringan. Aplikasi messaging yang satu ini tidak jauh beda dengan aplikasi messaging yang lainnya seperti WhatsApp dan BBM. Walaupun aplikasi Telegram ini bisa dibilang masih baru karena diluncurkan pada tahun 2016 kemarin, namun ternyata peminatnya sudah cukup banyak.

3 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka

Dari sekian banyak pengguna aplikasi Telegram, ternyata ada beberapa pengguna yang mengalami masalah, salah satunya adalah Aplikasi Telegram tidak bisa dibuka yang ditandai dengan munculnya pesan yang bertuliskan “Unfortunately Telegram Has Stopped” atau “Sayangnya Telegram Telah Berhenti”. Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi aplikasi Telegram yang tidak bisa dibuka. Berikut ulasannya, simak yaa!

Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka

Hal-hal umum yang menyebabkan aplikasi Telegram tidak bisa dibuka adalah karena banyaknya file sampah atau cache yang menumpuk pada perangkat Android. Selain itu juga karena memiliki banyak aplikasi-aplikasi yang terinstal pada Android. Banyaknya aplikasi yang terinstal dapat memakan banyak RAM sehingga tidak ada RAM yang tersisa untuk membuka aplikasi Telegram. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak metode berikut ini.

1. Hapus File Cache Aplikasi di Android

Untuk menghapus file cache pada Android, Anda bisa langsung masuk pada menu pengaturan lalu membersihkan file sampah pada setiap aplikasi yang terinstall. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, saya sarankan Anda menggunakan aplikasi cleaner (pembersih) seperti Clean Master, CCleaner, dan aplikasi cleaner lainnya yang lebih praktis dan mudah untuk membersihkan file sampah.

Nah, untuk membersihkan file cache secara manual bisa dengan masuk ke Pengaturan -> Pengaturan tambahan -> Manajemen aplikasi -> Diinstal -> Pilih aplikasi Telegram -> Pilih tombol “Hapus Cache”.

2. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Telegram

Setelah Anda mempraktikkan metode pertama namun tidak berhasil, maka metode selanjutnya yaitu Anda harus coba menghapus aplikasi Telegram dan menginstall-nya kembali. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah masalah aplikasi tidak bisa dibuka terdapat pada aplikasi Telegram yang terinstall saat ini atau bukan, jangan sampai aplikasi Telegram yang terinstall itu bukan di download dari Google Play Store melainkan dari toko APK lainnya yang belum tentu aman.

Untuk menghapus aplikasi Telegram silahkan masuk ke menu Pengaturan -> Pengaturan tambahan -> Manajemen aplikasi -> Diinstal -> Pilih aplikasi Telegram -> Lalu tap “Hapus Instalasi”.

3. Restart Smartphone Android

Setelah kedua metode diatas Anda lakukan, metode terakhir yaitu restart atau reboot smartphone Android Anda. Hal ini bertujuan agar Android lebih fresh dan terlepas dari aplikasi-aplikasi yang mengalami error atau crash yang biasanya memakan banyak memori RAM. Dengan melakukan restart smartphone Android maka setiap penggunaan aplikasi-aplikasi yang ada di Android termasuk Telegram akan terasa lebih baru dan akan terhindar dari masalah termasuk masalah pada aplikasi Telegram yang tidak bisa dibuka.

Nah, mungkin itulah tips dan cara mengatasi aplikasi Telegram tidak bisa dibuka di Android. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Sekian dan terima kasih.
Share :