Cara Menjadikan HP Android Sebagai CCTV / Kamera Pengintai

Baca Juga:
Hello guys, kalian pastinya sudah tahu kan yang namanya CCTV, yang biasa kita temui di swalayan, bank, atau di tempat lainnya. CCTV ini berguna untuk memantau para pengunjung yang datang agar tidak melakukan tindak kejahatan di lokasi tersebut. Jadi, sekiranya begitulah fungsi CCTV atau biasa kita kenal dengan sebutan kamera pengintai.

Cara Menjadikan HP Android Sebagai CCTV / Kamera Pengintai

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips mengenai bagaimana cara menjadikan smartphone Android sebagai CCTV, yang pastinya diantara kalian masih ada yang belum tahu kan guys. Dengan tips ini kalian bisa memantau seseorang loh melalui Android yang pastinya dia gak bakalan tahu bahwa kamu sedang pantau. Penasaran, mau tahu caranya? Berikut ini ulasannya, simak ya!

Cara Mudah Menjadikan HP Android Sebagai CCTV

Untuk menjadikan HP Android sebagai CCTV, kalian harus mempersiapkan 2 smartphone Android yaa guys, satu untuk memonitor, kemudian yang satunya untuk kamera pemantau. Nah, contohnya kamu bisa mencoba dengan teman kamu, Hp Android teman kamu menjadi pemantau kamera terus Hp Android kamu yang menjadi pemonitor. Jadi kamu bisa melihat semua aktivitas yang ditangkap oleh kamera Android teman kamu.

Nah, berikut ini langkah-langkah untuk menjadikan Android sebagai CCTV:

Pertama, download aplikasi IP Webcam di smartphone Android teman kamu, Aplikasi IP Webcam bisa kamu download melalui Google Play Store secara gratis. Download IP Webcam.

Aplikasi IP Webcam

Kedua, setelah download selesai, langsung saja buka aplikasi tersebut, sebelumnya kamu bisa mengatur kamera mana yang ingin kamu gunakan untuk memantau, kamera depan atau belakang. Nah, untuk kamera depan kamu pilih Front camera dan untuk kamera belakang pilih Primary camera.

IP Webcam Pengaturan Kamera

Ketiga, setelah kalian melakukan pengaturan, selanjutnya kembali ke menu utama lalu scroll kebawah dan pilih menu Start Server.

IP webcam Start Server

Keempat, kamu catat alamat IP yang tampil dilayar, contohnya seperti http://192.168.43.1:8080

IP Webcam Kamera

Kelima, pada Hp Android kamu, buka aplikasi browser, kamu juga bisa menggunakan browser Google chrome. Kemudian ketikkan alamat IP yang telah dicatat ke address bar, lalu enter.

IP Webcam di Browser

Keenam, maka akan tampil halaman IP Webcam , nah, disitu kamu tinggal ubah pada menu Video renderer menjadi Browser.

IP Webcam Kamera Pengintai

Ketujuh, setelah kamu ubah Video renderer, maka akan muncul tangkapan kamera dari Hp Android teman kamu, itu berarti kamu sudah berhasil menjadikan Hp Android sebagai CCTV. Di halaman inilah kamu akan memantau aktivitas pada lokasi atau seseorang yang ingin kamu pantau.

Nah, mudahkan memanfaatkan smartphone Android sebagai CCTV atau kamera pengintai, dengan begitu kamu akan mudah mengawasi seseorang dalam situasi tertentu tanpa membutuhkan CCTV yang harganya mahal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian, terima kasih telah berkunjung.
Share :