Cara Mudah Membuat HP Android Makin Ngebut

Baca Juga:
Penggunaan smartphone Android yang berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab menurunnya kecepatan pada Android tersebut, walaupun smartphone yang kamu miliki itu harganya selangit.

Cara Mudah Membuat HP Android Makin Ngebut

Kamu bisa ilustrasikan seperti ini, saat kita mengerjakan sesuatu secara berlebih akan membuat kita terasa lelah, begitupun dengan mesin dalam hal ini Hp Android, jika digunakan setiap saat tanpa diistirahatkan maka kecepatanya akan menurun.

Jika kamu mengalami hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini sejumlah tips yang sebagian kami kutip dari Android Central agar membuat smartphone Android kamu semakin cepat meski telah lama digunakan. Berikut ulasannya, simak ya!

Cara Mudah Membuat HP Android Makin Ngebut

1. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Sebagian besar Hp Android yang dipasarkan terdapat sejumlah aplikasi bawaan dari vendor ponsel. Padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan pengguna.

Sayangnya aplikasi bawaan ini tidak semuanya bisa dihapus, akan tetapi kamu bisa menonaktifkannya dengan masuk ke menu Pengaturan -> Aplikasi -> Pilih setiap aplikasi bawaan Android, lalu pilih Nonaktifkan.

Lakukan hal ini pada setiap aplikasi yang kamu rasa itu adalah aplikasi bawaan Android, akan tetapi jangan semuanya, karena tentu saja ada juga aplikasi bawaan yang kamu butuhkan, jadi lakukan terhadap aplikasi yang jarang kamu gunakan saja.

2. Install Update

Setiap vendor ponsel selalu memberikan pembaruan dengan tujuan untuk menjaga kualitas penggunaan Android tersebut, termasuk agar performa perangkat tetap terjaga.

Maka dari itu, kamu harus sering memeriksa pembaruan sistem operasi pada perangkat Android kamu, jika ada pembaruan maka segera menginstallnya. Sebab pembaruan sistem operasi tersebut akan membawa pengaruh peningkatan pada performa. Untuk melakukan pengecekan, masu ke Pengaturan -> Tentang ponsel -> Pembaruan sistem.

3. Home Screen

Menggunakan Live Wallpaper memang akan memperindah tampilan Android kamu, akan tetapi hal itu bisa membuat Hp Android kamu makin lambat. Jadi disarankan memakai wallpaper yamg biasa saja.

4. Nonaktifkan Fitur Tidak Terpakai

Banyaknya fitur yang aktif akan membuat perangkat Android bekerja lebih hingga menyebabkan terasa panas, sehingga kamu perlu menonaktifkan fitur-fitur yang tidak kamu gunakan, misalnya bluetooth, Wi-fi, GPS, dan lainnya. Bisa kamu gunakan disaat kamu butuhkan, dan nonaktifkan kembali setelah kamu gunakan.

5. Bersihkan File Sampah

Banyaknya file cache atau file sampah yang menumpuk dapat menjasi penyebab kecepatan Android menurun. Untuk itu, kamu harus sering membersihkan file sampah pada perangkat Android kamu.

Biasanya setiap perangkat Android sudah menyediakan fitur pembersih sampah yang cukup sekali klik maka sampah akan dibersihkan, tetapi jika tidak ada, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih cache seperti Clean Master yang bisa kamu download di Play Store.

6. Pakai Aplikasi Ringan

Jika Hp Android yang kamu pakai kapasitas RAM dan memori internalnya terbatas, disarankan kamu menggunakan aplikasi versi ringan. Saat ini sebagian pengembang telah merilis versi lite dari aplikasinya, seperti Facebook Lite, YouTube Go, Twitter Lite, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar smartphone kamu makin cepat meski umurnya sudah lama. Semoga bermanfaat.
Share :